MENGENALI  POTENSI DIRI DAN MEMBANGUN JIWA KEPEMIMPINAN

Ujung Tanjung- Institut Teknologi Rokan Hilir (ITR) mengadakan Workshop Talent Mapping dan Training Leadership bagi siswa SMA dan SMK. Workshop Talent Mapping digelar pada Sabtu, 04 Maret 2023 dan dihadiri oleh sekitar 70 siswa SMA/SMK kelas XII yang berada di kecamatan Tanah Putih dan Tanah Putih Tanjung Melawan. Sementara itu Training Leadership digelar pada Minggu, 05 Maret 2023 dan dihadiri oleh sekitar 90 siswa perangkat OSIS SMA/SMK kelas XII yang berada di kecamatan Tanah Putih dan Tanah Putih Tanjung Melawan serta mahasiswa/i  ITR dan STAI Hubbulwathan UT. dengan pemateri Bapak Dr. Zulfikar, S.E., M.M; Bapak Jhony Charles., B.BA., M.BA; Sirajuddin., S.Pd,C.ET,CF.NLP; Tasya Siregar, C.PSI; Cepi Ira, S.Pd, C.PSI; dan Ahmad Nuha Salahuddin, C.P.

Acara workshop hari pertama yaitu Talent Mapping dengan tema “kenali potensi diri, dan temukan jurusan yang sesuai”, dibuka oleh MC Mailisa, M.E dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-quran oleh Jasmiati, S.A.P. setelah pembacaan ayat suci al-quran, peserta dan seluruh undangan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh MC. Selanjutnya kata sambutan dari Rektor ITR Sri Rezeki, M.Pd. “kegiatan  ini kami adakan karena adanya dilema yang berkepanjangan terutama dari siswa kelas XII yang akan kuliah yang masih bingung dalam menentukan pilihan atau bahkan yang tidak taw sama sekali bakat diri yang seharusnya dikembangkan. Selain itu  Menurut ahli Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF), Irene Guntur menyebutkan bahwa sebanyak 87 persen mahasiswa di Indonesia salah jurusan dan ini merupakan angka yang cukup besar. Jadi untuk menanggulangi hal tersebut, Institut teknologi rokan hilir Sebagai lembaga pendidikan yang akan mencetak generasi berkualitas maka kami berkewajiban membantu generasi penerus dalam mengarahkan pilihannya”.

Setelah kata sambutan, beralih ke acara inti yaitu materi workshop yang disampaikan oleh pemateri pertama Bapak Jhony Charles., B.BA., M.BA. ”siswa/i yang hadir di sini adalah embrio penerus estafet pembangunan. Penting untuk adik-adik sekalian menggali potensi dan mengenali minat bakat yang ada di dalam diri kita. Kita perlu menganalisis dan mengidentifikasi diri kita sendiri untuk bisa membuat keputusan. Mau kemana nantinya, mau menjadi apa dan mau berkontribusi apa untuk masyarakat. Ketika kita mengenali potensi diri kita dan tau minat bakat kita tentu akan lebih mudah dan lebih ikhlas diri ini menjalankan peran/jurusan yang telah kita pilih.

Materi kedua disampaikan oleh Sirajuddin., S.Pd,C.ET,CF.NLP beserta tim. Materi diawali dengan games/ice breaking untuk meningkatkan fokus para peserta. Pesrta diajak seru-seruan sebelum mendengarkan materi lanjutan dari pemateri kedua. “mengenali bakat ini penting bagi adik-adik sekalian, jangan ada nanti penyesalan di belakang atau istilah salah jurusan. Penting untuk kita tau jurusan yang sesuai dengan minat bakat kita, agar nantinya bisa mengambil peran optimal sebagai mahasiswa. Kuliah sepenuh hati, bukan setengah hati” ucap Sirajuddin.

Setelah penyampaian materi, para siswa/i dipandu oleh pemateri untuk mengikuti tes Talent Mapping menggunakan Handpone dengan mengakses website temu bakat. Hasil tes ini menampilkan gambaran mengenai karakter, minat, dan bakat kita. Dari sini siswa/i  dapat menganalisa kompetensi dirinya dan bisa memutuskan jurusan kuliah yang cocok dengan dirinya. Hari pertama ditutup dengan foto bersama seluruh peserta, panitia, dan pemateri.

 

Lanjut di hari kedua Workhsop Training Leadership dengan tema “jadilah pelajar berjiwa kepemimpinan”. Workshop ini menghadirkan Bapak Dr. Zulfikar, S.E., M.M sebagai pemateri pertama. “menjadi pemimpin harus berani bertanggung jawab, bersikap tegas, cekatan, dan mengayomi. Pemimpin yang baik adalah mereka yang berani memberi masukan dan solusi terlebih dahulu sebelum meminta saran masukan dari rekan/anggotanya. Setiap diri berpotensi menjadi pemimpin, minimal memimpin diri sendiri menjadi insan yang berguna bagi sekitar”.

Materi kedua disampaikan oleh Tasya Siregar, C.PSI yang didampingi oleh Cepi Ira, S.Pd, C.PSI. pada materi kedua ini para peserta diajak bermain games untuk menyegarkan pikiran dan meningkatkan fokus, dilanjutkan dengan materi seputar teori kepemimpinan, tips dan kiat menjadi pemimpin yang hebat, pemimpin muda generasi penerus bangsa.

 

 

 

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *