Berita MoU Institut Teknologi Rokan Hilir & Universitas Lancang Kuning

 

Pekanbaru, 09 Juli 2024 – Institut Teknologi Rokan Hilir (ITR) dan Universitas Lancang Kuning (UNILAK) secara resmi menjalin kerja sama melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilakukan oleh Rektor ITR, Dr. Zulfikar, S.E., MM, dan Rektor UNILAK, Prof. Dr. Junaidi, S.S., M.Hum. Acara ini berlangsung dengan khidmat di aula utama Universitas Lancang Kuning.

 

Kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta mendukung pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas di kedua institusi.

Sebagai tindak lanjut dari MoU tersebut, juga dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Dekan Fakultas Sains dan Teknologi ITR, Fitra Yuda, S.Kom., M.Kom., dan Dekan Fakultas Ilmu Komputer UNILAK, Dr. Yogi Yunefri, M.Kom. Selain itu, Dekan Fakultas Saintek ITR, Fitra Yuda, S.Kom., M.Kom., juga menandatangani MoA dengan Dekan Fakultas Pertanian UNILAK, Dr. Amalia, S.P., MM.

Kerja sama ini meliputi berbagai aspek, antara lain:

Pendidikan dan Pengajaran: Pertukaran dosen dan mahasiswa, serta pengembangan kurikulum bersama.

Penelitian: Pelaksanaan proyek penelitian bersama dan publikasi ilmiah.

Pengabdian kepada Masyarakat: Kegiatan sosial yang melibatkan kedua institusi untuk memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

Rektor ITR, Dr. Zulfikar, S.E., MM., menyatakan bahwa kerja sama ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian di ITR. “Dengan adanya kolaborasi ini, kami berharap dapat menciptakan sinergi yang positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berkontribusi secara nyata kepada masyarakat,” ujarnya.

 

Sementara itu, Rektor UNILAK, Prof. Dr. Junaidi, S.S., M.Hum., mengungkapkan kebanggaannya atas kerja sama ini dan berharap dapat terus berlanjut ke depannya. “Kami sangat mengapresiasi inisiatif ini dan siap untuk mendukung segala bentuk kegiatan yang telah disepakati bersama. Semoga kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak,” tambahnya.

Dengan adanya MoU dan MoA ini, diharapkan hubungan antara ITR dan UNILAK akan semakin erat, serta dapat menghasilkan berbagai inovasi dan terobosan baru yang bermanfaat bagi dunia pendidikan dan masyarakat luas.

Berita MoU Institut Teknologi Rokan Hilir & Politeknik Caltex Riau

 

Institut Teknologi Rokan Hilir dan Politeknik Caltex Riau Jalin Kerja Sama Strategis

Pekanbaru, 09 Juli 2024 – Dalam upaya memperkuat kolaborasi di bidang pendidikan tinggi, Institut Teknologi Rokan Hilir (ITR) dan Politeknik Caltex Riau (PCR) resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU). Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Rektor Institut Teknologi Rokan Hilir, Dr. Zulfikar, S.E., MM., dan Direktur Politeknik Caltex Riau, Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid, S.Si., M.Sc.

Acara penandatanganan yang berlangsung di kampus Institut Teknologi Rokan Hilir ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, dosen, dan mahasiswa dari kedua institusi. MoU ini mencakup berbagai bidang kerja sama, termasuk pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian bersama, pengembangan kurikulum, serta peningkatan kompetensi dan kapabilitas sumber daya manusia.

 

Dalam sambutannya, Dr. Zulfikar menyatakan bahwa kerja sama ini merupakan langkah strategis dalam mendukung visi dan misi ITR untuk menjadi institusi pendidikan tinggi yang unggul di tingkat nasional dan internasional. “Dengan adanya kerja sama ini, kami berharap dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di ITR serta memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pembangunan daerah dan bangsa,” ujar Dr. Zulfikar.

 

Dr. Dadang Syarif Sihabudin Sahid menambahkan bahwa kerja sama ini sejalan dengan komitmen PCR untuk terus berinovasi dan mengembangkan pendidikan vokasi yang relevan dengan kebutuhan industri. “Kolaborasi dengan ITR akan membuka peluang baru bagi mahasiswa dan dosen untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek penelitian dan pengembangan yang berdampak nyata bagi masyarakat,” kata Dr. Dadang.

Kedua belah pihak berharap bahwa MoU ini akan menjadi awal dari berbagai inisiatif dan proyek kolaboratif yang bermanfaat bagi kedua institusi dan masyarakat luas. Kegiatan lanjutan seperti seminar, workshop, dan program magang juga direncanakan sebagai bagian dari implementasi kerja sama ini.

 

Kerja sama strategis ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing lulusan dari kedua institusi di dunia kerja, serta mendukung terciptanya inovasi-inovasi baru yang berkontribusi positif terhadap perkembangan teknologi dan industri di Indonesia.

 

Dengan adanya MoU ini, Institut Teknologi Rokan Hilir dan Politeknik Caltex Riau siap melangkah maju bersama dalam menciptakan generasi muda yang berkompeten dan siap menghadapi tantangan global.

 

 

 

 

 

 

Institut Teknologi Rokan Hilir dan Universitas Pasir Pengaraian Tandatangani MoU dan MoA Kerja Sama

Rokan Hilir, 09 Juli 2024 – Institut Teknologi Rokan Hilir (ITR) dan Universitas Pasir Pengaraian (UPP) telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk mempererat kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Penandatanganan MoU ini berlangsung di Aula Kampus ITR dengan dihadiri oleh para pejabat dari kedua institusi.

Rektor Institut Teknologi Rokan Hilir, Dr. Zulfikar, S.E., MM., menyampaikan bahwa kerja sama ini akan membuka banyak peluang kolaborasi yang bermanfaat bagi kedua institusi. “Kami sangat antusias dengan adanya MoU ini karena akan membuka banyak peluang kolaborasi yang dapat meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian di ITR,” kata Dr. Zulfikar.

Rektor Universitas Pasir Pengaraian, Dr. Hardianto, M.Pd., juga menyambut baik kerja sama ini dan menekankan pentingnya kolaborasi antar perguruan tinggi. “Kerja sama dengan ITR merupakan langkah strategis untuk memperkuat inovasi dan pengembangan akademik di UPP. Kami yakin kolaborasi ini akan memberikan dampak positif bagi mahasiswa dan dosen di kedua institusi,” ujar Dr. Hardianto.

Selain MoU, juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Akademik (MoA) antara Fakultas Sains dan Teknologi (FSAINTEK) ITR dan Fakultas Pertanian serta Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) UPP. Dekan FSAINTEK ITR, Fitra Yuda, S.Kom., M.Kom., menandatangani MoA dengan Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) UPP, Lufita Nur Alfia, S.P., M.Si., serta Dekan Fakultas Ilmu Komputer UPP, Hendri Maradona, S.Kom., M.Kom.

MoU dan MoA ini mencakup berbagai bidang kerja sama, termasuk pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian bersama, penyelenggaraan seminar dan workshop, serta kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat jaringan akademik kedua institusi dan meningkatkan daya saing di tingkat nasional maupun internasional.Setelah acara penandatanganan, Dr. Zulfikar melanjutkan dengan memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian. Kuliah umum ini mengangkat tema “Transformasi Digital dalam Manajemen Pendidikan”. Dalam kuliah tersebut, Dr. Zulfikar membahas pentingnya pemanfaatan teknologi digital dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen pendidikan, serta bagaimana institusi pendidikan dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi untuk mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik.

’Acara penandatanganan dan kuliah umum ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan ramah tamah antara pimpinan dan staf dari kedua institusi. Semua pihak berharap bahwa kerja sama ini dapat segera direalisasikan melalui program-program konkret yang bermanfaat bagi seluruh civitas akademika dan masyarakat luas.

 

 

 

 

 

 

 

 

Rektor Institut Teknologi Rokan Hilir Teken MoU Kerja Sama dengan Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

Padang, 16 Mei 2024 – Rektor Institut Teknologi Rokan Hilir, Dr. Zulfikar, S.E., MM., menghadiri acara wisuda yang digelar oleh Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang pada tanggal 16 Mei 2024. Kehadiran Dr. Zulfikar, S.E., MM. di acara tersebut juga sekaligus untuk menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama antara Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang dan Institut Teknologi Rokan Hilir.

Acara wisuda yang berlangsung di Upi Convertion Centre & Exhibition Hall Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang ini dihadiri oleh ratusan wisudawan beserta keluarga, para dosen, dan tamu undangan. Dalam sambutannya, Dr. Zulfikar, S.E., MM. menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan atas pencapaian mereka serta harapan agar mereka dapat berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.

“Selamat kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan mereka dengan baik. Semoga ilmu yang telah didapat dapat diaplikasikan untuk kemajuan bangsa dan negara,” ujar Dr. Zulfikar, S.E., MM.

Setelah acara wisuda, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang dan Institut Teknologi Rokan Hilir. Rektor Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang, Prof. Dr. Sarjon Defit, S.Kom., M.Sc , dan Dr. Zulfikar, S.E., MM. menandatangani MoU tersebut di hadapan para hadirin.

Prof. Dr. Sarjon Defit, S.Kom., M.Sc menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di kedua institusi. “Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak, terutama dalam hal peningkatan kualitas akademik dan penelitian,” kata Prof. Dr. Sarjon Defit, S.Kom., M.Sc.

Dr. Zulfikar, S.E., MM. menambahkan bahwa kerja sama ini tidak hanya akan meningkatkan kapabilitas kedua institusi, tetapi juga akan membuka peluang baru dalam pengembangan teknologi dan inovasi. “Dengan adanya kerja sama ini, kami berharap dapat bersama-sama menciptakan inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat,” ujar Dr. Zulfikar, S.E., MM.

MoU ini mencakup berbagai bidang kerja sama, termasuk pertukaran dosen dan mahasiswa, kolaborasi dalam penelitian dan publikasi ilmiah, serta penyelenggaraan seminar dan konferensi bersama. Kedua institusi juga berkomitmen untuk mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri dan teknologi terkini.

Acara penandatanganan MoU diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah antara pimpinan dan staf kedua institusi. Dengan ditandatanganinya MoU ini, Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang dan Institut Teknologi Rokan Hilir siap untuk melangkah ke arah yang lebih maju melalui sinergi yang solid dan berkelanjutan.

MoU Kerja Sama antara Dekan Fakultas Sains Teknologi Institut Teknologi Rokan Hilir dan Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Hang Tuah Pekanbaru

Dalam rangka memperluas jaringan kerja sama dalam bidang pendidikan dan pengembangan teknologi, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Institut Teknologi Rokan Hilir (ITR), Bapak Fitra Yuda, S.Kom., M.Kom., dan Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Hang Tuah Pekanbaru, Ibu Dr. Rika Melyanti, S.Kom., M.Kom., telah menandatangani nota kesepahaman (MoU).

Penandatanganan MoU tersebut berlangsung di kampus Universitas Hang Tuah Pekanbaru dan dihadiri oleh beberapa staf dan anggota fakultas dari kedua institusi. MoU ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi dalam beberapa bidang utama, antara lain:

 

Pendidikan: Kedua fakultas akan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam pengembangan kurikulum, program pertukaran mahasiswa, dan kegiatan akademik lainnya guna meningkatkan kualitas pendidikan di bidang sains dan teknologi komputer.

Penelitian: Kolaborasi ini akan mendorong kerja sama dalam proyek penelitian bersama yang relevan dengan bidang sains dan teknologi komputer, dengan tujuan menghasilkan inovasi dan penemuan baru yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pengabdian Masyarakat: Melalui kerja sama ini, kedua fakultas akan aktif terlibat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, seperti pelatihan, seminar, dan program pengembangan keterampilan bagi masyarakat lokal.

Bapak Fitra Yuda, S.Kom., M.Kom., menyatakan, “Kami sangat senang dapat menjalin kerja sama dengan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Hang Tuah Pekanbaru. Kami yakin kolaborasi ini akan membawa manfaat besar bagi pengembangan pendidikan dan teknologi di wilayah ini.”

 

Sementara itu, Ibu Dr. Rika Melyanti, S.Kom., M.Kom., mengungkapkan, “Kami berharap kerja sama ini akan menjadi langkah awal yang baik dalam memperkuat hubungan antara kedua institusi dan mendorong pertukaran pengetahuan serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi komputer.”

 

MoU ini diharapkan dapat menjadi landasan yang kuat bagi kerja sama yang berkelanjutan antara Fakultas Sains dan Teknologi, Institut Teknologi Rokan Hilir dengan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Hang Tuah Pekanbaru, serta membuka peluang baru dalam pengembangan pendidikan dan teknologi di Indonesia, khususnya di wilayah Rokan Hilir dan sekitarnya.

MoU Kerja Sama Ditandatangani antara Institut Teknologi Rokan Hilir dan Universitas Sains Teknologi Indonesia

Institut Teknologi Rokan Hilir (ITR) dan Universitas Sains Teknologi Indonesia (USTI) telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk memperkuat kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan teknologi. Penandatanganan ini dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan teknologi di wilayah Rokan Hilir dan sekitarnya.

Dalam acara penandatanganan yang berlangsung di kampus Universitas Sains Teknologi Indonesia, Rektor USTI, Dr. Lusiana, S.Kom., M.Kom, dan Rektor ITR, Dr. Zulfikar S.E., M.M, menyampaikan komitmen mereka untuk saling mendukung dan memperkuat kolaborasi antara kedua institusi.

 

Kerja sama ini mencakup beberapa bidang, termasuk:

 

Pendidikan: Kedua institusi akan saling berbagi pengalaman dan sumber daya untuk meningkatkan kurikulum, program pertukaran mahasiswa, dan pengembangan tenaga pendidik.

Penelitian: ITR dan USTI akan melakukan penelitian bersama dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan fokus pada solusi inovatif untuk masalah lokal dan global.

Pengembangan Teknologi: Kerja sama ini akan mendorong pertukaran teknologi dan pengetahuan antara kedua institusi untuk mempercepat pengembangan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pengabdian Masyarakat: ITR dan USTI akan bekerja sama dalam proyek-proyek pengabdian kepada masyarakat, seperti pelatihan, workshop, dan program pengembangan keterampilan bagi masyarakat lokal.

Rektor ITR, Dr. Zulfikar S.E., M.M, menyatakan, “Kami sangat antusias dengan potensi kerja sama ini. Dengan bergabungnya kekuatan antara ITR dan USTI, kami yakin dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan pendidikan dan teknologi di wilayah ini.”

Sementara itu, Rektor USTI, Dr. Lusiana, S.Kom., M.Kom, menambahkan, “Kami percaya kerja sama ini akan membawa manfaat besar bagi kedua institusi serta masyarakat di sekitarnya. Kami berkomitmen untuk bersama-sama menciptakan inovasi dan solusi yang relevan dengan tantangan zaman.”

 

MoU ini diharapkan menjadi landasan yang kuat bagi kerja sama yang berkelanjutan antara Institut Teknologi Rokan Hilir dan Universitas Sains Teknologi Indonesia, serta membuka peluang baru dalam pengembangan pendidikan dan teknologi di Indonesia.